Minggu, 14 Juni 2015

Mengenal Penyebab Kesemutan dan Pencegahannya


Banyak orang masih sering heran dengan penyebab terjadinya kesemutan. Apalagi, jika gejala itu terjadi hampir setiap hari.

Dr Fresia J Wongkar, dari laman Meetdoctor menjelaskan, jika kesemutan di tangan itu bisa disebabkan karena kebiasaan menggunakan komputer. “Ini akibat tekanan pada saraf median yang berada di pergelangan tangan atau carpal tunnel syndrome,” katanya.

Rasa kesemutan yang sering terjadi biasanya muncul apabila seseorang berada dalam satu posisi untuk waktu lama. Bagian tubuh yang tidak digerakkan dalam waktu yang lama ditambah dengan adanya beban yang dirasakan oleh anggota tubuh tertentu, dapat memicu kesemutan.

Kesemutan juga merupakan pertanda bahwa adanya gangguan pada saraf yang ada di bagian tubuh yang merasakannya, bisa karena adanya tekanan atau penjepitan pada saraf. Posisi tidur maupun duduk yang menekan saraf anggota tubuh tertentu dapat menimbulkan kesemutan dari penjepitan yang terjadi.

baca artikel selanjutnya cara : Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain kondisi bagian tubuh yang tertindih dalam waktu yang lama, kesemutan juga dapat menjadi gejala dari adanya kondisi medis yang lebih serius. Penyakit-penyakit yang dapat menyerang bagian saraf juga dapat mengakibatkan kesemutan yang terjadi secara terus-menerus.

Jika penderita kesemutan berumur 40 tahun ke atas, pilihan yang paling aman adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan umum atau general check up yang rutin, untuk memeriksa apakah ada penyakit tertentu yang menyerang saraf.

Yang terpenting, di usia yang rentan terkena penyakit ini hindarilah konsumsi alkohol. Minum suplemen yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B12 sangat disarankan untuk menunjang kesehatan sekaligus memperbaiki fungsi saraf tepi.

baca artikel selanjutnya : Cara mengobati Hepatitis B

Sumber : viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar